logo-mobile

FBE UAJY

Sejarah Fakultas Bisnis Dan Ekonomika

Sejarah Universitas Atma Jaya Yogyakarta

 

Universitas Atma Jaya Yogyakarta berdiri pada tanggal 27 September 1965 dengan nama “Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Cabang Yogyakarta”. Pendirian universitas dilakukan melalui gagasan dari Bapak Albertus Joseph Liem Sioe Siet dalam rapat Pengurus Ikatan Sarjana Katolik (ISKAT) Cabang Yogyakarta pada tahun 1964. Sejak tahun 1973, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Cabang Yogyakarta berubah nama menjadi “Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)” pengelola universitas dan fakultas saat itu adalah sebagai berikut:

Kuasa Rektor                                     : Prof. RA. Soehardi SH.

Pembantu Kuasa Rektor                  : Drs. A. J. Liem Sioe Siet.

Dekan Fakultas Ekonomi                 : Prof.P.I. Oey Liang Lee.

Sekretaris Fakultas Ekonomi           : Drs. B. Susanto

Dekan Fakultas Hukum                    : A. Sutijoso SH.

Sekretaris Fakultas Hukum              : Drs. R.I. Soetrisno.

Kepala Tata Usaha                            : R.F. Djonet Hendrosoesiswo

Pembantu Tata Usaha                      : R.V. Sudardjo

 

Perubahan Nama Universitas

Pada tanggal 1 januari 1974, melepaskan dari sebagai cabang Universitas Katolik Atma Jaya Cabang Yogyakarta dan berubah nama menjadi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, hal ini dilakukan dalam rangka menjadi sebuah universitas yang mandiri.

 

Sejarah Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas tertua di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pada awal berdiri yaitu tanggal 27 September 1965, Fakultas Ekonomi hanya memiliki satu program studi yaitu Jurusan Ekonomi Perusahaan. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1985 Fakultas Ekonomi UAJY mendirikan Program Studi Akuntansi, kemudian pada tahun 1993 mendirikan Program Studi Ekonomi Pembangunan. Dalam rangka menghadapi era global, pada tahun 1999 Fakultas Ekonomi membuka kelas internasional untuk Program Studi Manajemen yaitu International Business Management Program (IBMP) dan Program Studi Akuntansi yaitu International Financial Accounting Program (IFAP) pada tahun 2007.

 

Perubahan Nama Fakultas

Pada 11 November 2018, Fakultas Ekonomi berubah menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika, hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan keterlibatan dan kualitas fakultas pada tingkat Internasional dengan mempersiapkan diri menuju akreditasi internasional.

 

Dekan dan Pejabat Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika 2018 – sekarang

Dekan         : Drs. Budi Suprapto MBA. Ph.D.